Tahukan Anda?

Pemakaian air minum pelanggan dihitung berdasarkan hasil pembacaan meter air selama 1 (satu) bulan. Pembacaan meter air pelanggan dapat dilakukan melalui:

  •   Pembacaan meter air langsung oleh Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor setiap bulan; atau
  •   Pembacaan meter air sendiri oleh pelanggan dengan menyampaikan angka meter air kepada Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor yang dibatasi waktu paling lama 6 (enam) bulan.
  •   Pembacaan meter air sendiri oleh pelanggan dapat disampaikan melalui Whatsapp dan/atau Aplikasi SIMOTIP.
  •   Bagi pelanggan yang melakukan pembacaan meter air sendiri yang melebihi waktu 6 bulan, maka Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor harus mendapatkan angka meter air sebenarnya.

Keluhan terdiri dari 2 (dua) klasifikasi, yaitu keluhan teknis dan keluhan non teknis. Keluhan teknis merupakan keluhan terkait dengan jaringan perpipaan dan meter air pelanggan. Keluhan teknis terdiri dari sebagai berikut:

  •   Bocor Pipa Dinas
  •   Bocor Sekitar Meter
  •   Stop Kran/ Gate Valve Rusak
  •   Bocor Pipa Persil
  •   Bekas Galian Belum Rapi
  •   Air Mengalir Kecil
  •   Air Keruh
  •   Air Tidak Mengalir
  •   Meter Buram
  •   Meter Air Macet
  •   Kaca Meter Air Pecah/ Meter Rusak
  •   Meter Air Hilang
  •   Gangguan Angka Meter
  •   Tidak ada Segel Meter

Sebagian keluhan teknis dapat dilakukan pengecekan awal oleh pelanggan sebelum dilaporkan kepada Perumda Tirta Pakuan. Berikut pengecekan awal untuk beberapa keluhan teknis:

Cara mengidentifikasi indikasi kebocoran pipa persil
  •   Mematikan seluruh kran dalam rumah, termasuk aliran air yang menuju ke tempat penampungan
  •   Melihat apakah jarum pada meteran berputar atau tidak
  •   Jika jarum pada meteran tidak berputar, maka dapat dipastikan tidak ada kebocoran pada jalur pipa persil
  •   Jika jarum pada meteran berputar, maka kemungkinan ada kebocoran pada jalur pipa persil
  •   Pelanggan segera melaporkan kepada customer service jika jarum pada meteran tetap berputar meskipun seluruh kran sudah dimatikan

Cara mengidentifikasi indikasi kebocoran pipa persil
  •   Memutar Stop Kran pada posisi mati (melawan jarum jam)
  •   Dicek apakah air tetap mengalir keluar atau tidak.
  •   Jika air tetap mengalir keluar saat posisi kran dalam keadaan mati, maka stop kran dipastikan rusak, dan pelanggan perlu mengganti stop kran.
  •   Penggantian stop kran dapat dilakukan oleh petugas atau dilakukan sendiri tanpa merusak segel meter air.

Cara Mengindentikasi Penyebab Air Mengalir Kecil dan/atau Air tidak Mengalir
  •   Memutar/membuka full stop kran pada meteran, karena dikahwatirkan stop kran tertutup.
  •   Jika air tetap tidak mengalir normal, silakan untuk melaporkan kepada petugas Perumda Tirta Pakuan.

Cara mengidentifikasi Meter Air Macet
  •   Membuka kran dalam rumah, kemudian melihat kondisi meteran.
  •   Jika jarum dan angka meter pada meteran berputar, maka meteran tidak dinyatakan macet.
  •   Jika jarum pada meter air tidak berputar atau berputar dengan tidak normal, maka meter air macet.
  •   Selain itu, jika angka yang berwarna merah pada meteran tidak ada pergerakan/perputaran, maka meter air macet.
  •   Pelanggan segera melaporkan kepada customer service jika jarum dan angka pada meteran tidak berputar meskipun kran dinyalakan.

Keluhan non teknis merupakan keluhan terkait pembayaran tagihan air dan non air pelanggan. Keluhan non teknis dapat diidentifikasi dengan melihat angka meter air dengan data angka meter yang tercatat oleh petugas pada sistem Perumda Tirta Pakuan, apakah data tersebut sesuai atau tidak. Keluhan teknis dan nonteknis dapat disampaikan kepada Perumda Tirta Pakuan melalui Tatap muka langsung atau Kontak Center 24 jam.